Perkembangan virus sangat pesat. Hampir setiap minggu ada beberapa virus komputer jenis baru yang beredar. Virus paling cepat menyebar lewat internet, baik lewat email, download file maupun lewat browsing. Salah klik saja, virus sudah masuk ke komputer. Selain dari internet, virus juga bisa masuk dari berbagai media storage lain seperti disket, CD (software bajakan terutama game), flash disk dsb.

Pencegahan lebih baik daripada mengobati, peribahasa itu juga berlaku untuk virus komputer. Bila komputer telah terinfeksi virus tertentu, kita bisa mengalami ketidaknyamanan dalam bermain komputer misalnya komputer bisa shut down sendiri, tiba-tiba muncul layar tertentu, file-file rusak, hilang atau disembunyikan, komputer menjadi lambat, fungsi atau menu tertentu di komputer hilang atau tidak berfungsi, atau kita tidak bisa mengakses/mengeksekusi file atau software tertentu. Nah, agar Anda tidak sampai mengalami hal yang memusingkan kepala, pasanglah software antivirus.

Untuk PC pribadi, bila Anda telah bosan memakai produk Symantec atau McAfee, boleh mencoba Software Antivirus: ZoneAlarm Security Suite. Isi file software ini tidak besar namun efektif untuk menangkal spam, spyware dan virus komputer.

Sebagai catatan, bila Anda memakai software antivirus tertentu, biasakan selalu meng-update definisi virus sehingga virus-virus terbaru bisa terdeteksi dini.